10 Cara Mengatasi Jerawat Pada Wajah, Gunakan Juga Bahan Alami Berikut

           Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa muncul di bagain tubuh mana saja, khususnya di wajah. Berbagai cara dan upaya dilakukan untuk mengatasi masalah kulit ini. Perawatan kulit sangat penting dilakukan untuk mengatasi jerawat. Jerawat yang tidak segera diatasi akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Cara merawat jerawat berikut bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat :

1. Menjaga Kebersihan Wajah

            Kebersihan wajah sangat penting untuk dijaga baik saat berjerawat maupun saat berjerawat. Cukup lakukan pembersihan wajah setidaknya dua kali sehari. Dengan begitu, kotoran, sel kulit mati dan minyak yang ada di permukaan kulit akan terangkat. Untuk membersihkan wajah, kamu bisa menggunakan air hangat. Pilih sabun yang lembut karena jika memilih sabun yang keras bisa menimbulkan radang dan memperparah jerawat.

2. Menggunakan Pelembab

            Pelembab adalah salah satu produk yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Penggunaan pelembab bertujuan untuk pengelupasan kulit dan mencegah kulit kering. Pilihlah pelembab yang sesuai untuk kulit yang berjerawat.

3. Menggunakan Obat Jerawat

            Banyak sekali obat yang bisa mengatasi jerawat yang dijual di pasaran dan tidak membutuhkan resep dokter. Biasanya produk tersebut mengandung benzoyl peroxide (salicylic acid) yang bisa membunuh bakteri serta membuat kulit menjadi tidak berminyak. Jangan langsung menggunakan dalam dosis banyak, gunakan perlahan dengan dosis yang tepat.

4. Menggunakan Make-up Seperlunya

            Untuk mengatasi jerawat yang sedang muncul di kulit wajah, sebaiknya kurangi pemakaian make-up. Hindari untuk menggunakan bedak, foundation dan blush on. Jika memang harus menggunakan make-up, bersihkan kulit wajah dengan bersih dan gunakan make-up yang tidak akan memicu timbulnya jerawat.

5. Hindari Penggunaan Produk Pada Rambut

            Ketika sedang berjerawat, sebaiknya kurangi penggunaan minyak, gel dan minyak wangi pada rambut. Sebaiknya gunakan conitioner dan shampoo yang lembut. Alasannya karena rambut yang berminyak bisa membuat kandungan minyak bertambah.

6. Hindari Menyentuh Wajah

            Wajah yang sedang berjerawat sangat sensitif sehingga tidak heran jika jerawat semakin mudah bertambah banyak. Sehingga, saat kulit wajah sedang berjerawat, hindari untuk menyentuh bagian kulit wajah. Alasannya karena menyentuh wajah bisa menyebarkan bakteri dan membuat kulit wajah semakin iritasi.

7. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

            Paparan sinar matahari langsung pada kulit sangat berbahaya. Sehingga penting untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari. Akibat yang bisa ditimbulkan dari kondisi ini adalah kemerahan dan peradangan. Kamu bisa menggunakan tabir surya yang memiliki SPF 30 bahkan lebih jika memang harus berada di bawah sinar matahari langsung.

8. Memberikan Nutrisi Pada Kulit

            Tidak hanya membutuhkan perawatan dari luar, kulit juga membutuhkan perawatan dari dalam berupa nutrisi. Nutrisi untuk kulit bisa didapat dari buah dan sayur. Selain bermanfaat untuk kesehatan, sayur dan buah juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Agar masalah jerawat cepat sembuh, sebaiknya kurangi makanan yang tinggi lemak.

9. Olahraga dan Santai

            Olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan termasuk kesehatan kulit. Untuk menjaga kesehatan, olahraga bisa dilakukan minimal 30 menit setiap hari. Olahraga bisa memperlancar peredaran darah sehingga masalah jerawat juga bisa diatasi. Selain itu, hindari juga untuk menggunakan baju yang bisa membuat kulit iritasi. Tidak hanya olahraga, menjaga pikiran untuk tetap rileks sangatlah penting. Karena pikiran yang rileks bisa membuat kesehatan tubuh baik termasuk kesehatan kulit. Jerawat yang muncul juga bisa disebabkan oleh stres.

konsultasi dokter kulit

Jika perawatan dan cara di atas sudah dilakukan, tidak ada salahnya untuk menggunakan obat herbal jerawat. Obat herbal jerawat bemanfaat sebagai anti peradangan, anti bakteri serta mengurangi aktivitas kelenjar minyak dan membantu untuk mempercepat penyembuhan luka karena bekas jerawat. Berikut obat herbal dan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat :           

1. Kunyit

            Kunyit mengandung curcumin yang bermanfaat sebagai antioksidan, anti peradangan serta mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Manggis

            Buah satu ini mengandung banyak bahan aktif yang bermanfaat sebagai anti bakteri, anti oksidan serta anti peradangan.

3. Pepaya

            Enzim papain terkandung pada pepaya yang bisa menghilangkan sel kulit mati. Menggunakan pepaya sebagai masker bisa mengurangi jerawat dan memperbaiki kulit wajah yang kasar.

4. Temulawak

            Temulawak mengandung bahan aktif yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti peradangan.

5. Tea Tree

            Minyak pada daun tea tree memberikan efek anti bakteri. Hasil penelitian menunjukkan efek spesifik yaitu anti bakteri yang bisa mengatasi jerawat. Gunakan daun ini 2 kali sehari dengan dosis 5-15 %.

            Jika cara, perawatan dan obat herbal di atas masih belum ampuh untuk mengatasi jerawat, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi dokter kulit. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan saran dan terapi kecantikan yang tepat untuk mengatasi jerawat yang membandel.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>